7 Tips mempercepat pengurusan PBG / IMB

Bagaimana agar izin pbg kita cepat terbit?

    Izini Persetujuan bangunan gedung (PBG) bukanlah izin seperti mengurus ktp yang bisa satu hari jadi. tetapi perlu kajian teknis yang matang tentang bangunan yang akan dibangun agar bisa memenuhi faktor keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan, serta adanya pertangung jawaban dari hasil desain yang dibangun kepada peraturan atau regulasi bangunan. 

tips pbg

Agar proses perizinan bangunan gedung (PBG) berjalan dengan lancar ada beberapa tips yang akan izinpbg.id bagikan pada artikel ini sesuai dengan pengalaman mengurus izin di lapangan, yuk simak beberapa tipsnya :

1. Pahami jenis permohonan, 

Kamu perlu pahami jenis permohonan apa yang ingin kamu ajukan misalkan kamu ingin melakukan perizinan bangunan baru, atau renovasi, atau membuat pbg induk untuk kawasan. hal penting untuk diketahui karna menjadi poin awal izin yang akan kita ajukan.

2. Ketahui jenis bangunan

Kamu harus tau jenis bangunan apa yang kamu ajukan untuk izin, misal rumah tinggal, bangunan usaha, industri, cagar budaya, tempat ibadah, dll. ini menjadi pemting karna akan menentukan persyaratan apa yang harus disiapkan untuk perizinan bangunan kamu.

3. Ketahu luasan atau ukuran bangunan

Kamu harus mengetahui ukuran atau luasan dari bangunan yang kamu akan rencanakan. karna akan menentukan jumlah retrebusi atau pajak daerah yang akan kamu bayar. misal luas tanah, luas lantai banguan, tinggi bangunan, jumlah lapis bangunan, dll

4. Pakai jasa arsitek bersertifikat (SKA/STRA)

Kamu harus memakai tenaga ahli atau arsitek bersertifikat, hal ini penting agar pihak dinas yang menilai percaya akan perencanaan yang dibuat, dan merupakan salah satu syarat perizinan pbg kalian, serta gambar yang dibuat juga akan di tandatangani oleh arsitek atau tenaga ahli tersebut.

5. Persiapkan syarat PBG dengan lengkap sebelum mengajukan permohonan.

Kamu haru mempersiapkan persyaratan yang diminta dengan lengkap, hal ini dikarnakan agar proses perizinan mu tidak terpending karna syarat yang belum lengkap, dan dinas terkait kembali menumpuk pengjuan izin bangunan mu di antrian paling bawah.

6. Komunikasi dengan baik ke dinas teknis

Kamu harus sering berkimunikasi dan menanyakan bila ada yang kurang,? bagaimana agar bisa mempercepat,? dan beri sedikit tips sebagai hadiah karna telah meluangkan waktunya untuk fokus ke perizinan mu.

7. Sabar dan berdoa.

Perizinan bangunan seperti PBG buakanlah seperti membuat KTP, bisa dalam waktu singkat, prosesnya perlu tinjauan yang matang agar agar bangunan mu dapa di izinkan untuk membangun. Jadi kamu haru tetap sabar dan berdoa.

    Ingat jangan sembarangan menyerahkan perizinan PBG mu kepada konsultan atau biro jasa abal-abal. Bila ada yang menjanjikan izin akan terbit dalam waktu sekejab jangan percaya. karna poinya tetap pemerintah yg memutuskan apakah bangunan mu layak atau tidak untuk dibangun dan menerbitkan izinya

Untuk perizinan PBG kamu bisa bisa diskusikan pada ahli bangunan seperti kami izinpbg.id , yang fokus dalam perizinan bangunan. serta menyediakan tenaga ahli bersertifikat. Yuk Konsultasi Serkarang.

Penulis : Rina Alifah, S.Ars

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga