SKA Arsitek untuk Pengurusan izin PBG / IMB

SKA Arsitek untuk Pengurusan izin PBG / IMB

Profesi arsitek telah lama diakui sebagai salah satu profesi yang penting dalam pembangunan suatu proyek. Tidak hanya berfokus pada desain estetika, arsitek juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek pembangunan tersebut mematuhi regulasi dan standar yang berlaku. Dalam konteks perizinan bangunan gedung (PBG), arsitek memiliki peran yang sangat penting. Namun, untuk melaksanakan peran ini dengan baik, mereka perlu memiliki keterampilan dan keahlian tertentu, termasuk Sertifikat Keahlian (SKA). atau yang sekarang di keluarkan oleh DAI (dewan arsitek indonesia) adala STRA. sertifikat tersebut adalah sebagai bukti bahwa arsitek tersebut sudah profesional atau berkompeten pada keahlianya.

SKA untk PBG

Apa Itu SKA/STRA?

Dalam perkembangan nya saat ini arsitek telah dilindungi oleh undang-undang no 06 tahun 2017 tentang arsitek sehingga mewajibkan seorang arsitek yang ingin berpraktek memiliki SKA atau yang sekarang berganti menjadi Surat tanda regristrasi arsitek (STRA) yang dikeluarkan oleh Dewan Arsitek Indonesia (DAI).

SKA untk PBG

Peranan Arsitek Dalam Pengurusan PBG.

Salah satu syarat pengajuan izin persetujuan bangunan gedung (PBG) adalah arsitek profesional ber SKA. dan Lingkup penting peranan seorang arsitek dalam suatu proyek salah satunya yaitu untuk mengawal proses desain perencanaan, dalam suatu perencanaan seorang arsitek tentu dituntut bukan hanya bisa mendesain tapi tau juga standart dan regulasi bangunan pada suatu wilayah. Dalam pengurusan PBG arsitek haru mengutamakan tiga faktor yaitu fakto keamanan, faktor keselamatan, dan faktor kemudahan.


SKA untk PBG
Contoh STRA Arsitek

STRA-Arsitek dapat di cek lewat nama / no regristrasi di https://dewanarsitek.id/ -Apakah benar keaslianya / tidak.

Dalam proses detail pengurusan PBG seorang arsitek minimal harus mengerti dasar regulasi dan batasan seperti

  • intensitas bangunan
  • zonasi bangunan pada wilayah
  • kebutuhan ruang hijau (KDH)
  • batasan luas dasar bangunan (KDB)
  • ketinggian yang diperbolehkan(KLB)
  • Garis sempadan bangunan (GSB)
  • Detail standart matrial pada suatu proyek
  • Standart luasan dan kebutuhan ruang
  • Termasuk faktor yang mencakup aspek keamanan,keselamatan, dan kemudahan pada bangunan.

Semua aspek diatas nantinya akan dijabarkan arsitek yang tentunya memiliki SKA/STRA dalam sidang rekomendasi kepada tim penilai teknis / ahli yang diuji apakah bangunan tersebut sudah layak untuk dibangun atau belum. Serta arsitek juga biasanya dimintai pertangung jawaban tertulis atas desainya berupa tanda tangan di gambar rencana, dan surat pertangung jawaban.

Dalam pengurusan proyek bangunan, keberadaan arsitek dengan SKA sangatlah penting. Mereka tidak hanya membawa pengetahuan teknis yang mendalam, tetapi juga pengetahuan tentang aturan dan regulasi pada bangunan yang diperlukan untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek. Dengan kombinasi kreativitas, keahlian teknis, dan pemahaman regulasi yang kuat, arsitek dengan SKA dapat memainkan peran yang krusial dalam membangun lingkungan yang aman, fungsional, dan estetis.
Jadi jagan pakai arsitek abal-abal yah,. !!
Jika dalam proses perizinan PBG kamu kesulitan dalam mencari jasa seorang arsitek bersertifikat (SKA). Kami izinpbg.id dapat menyiapkan arsitek profesional ber SKA yang tentu dapat mengawal proyek mu dari proses perencanaan sampai dengan perizinan. Jadi tunggu apa lagi yuk segera KONSULTASI SEKARANG>>

advertise PBG

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga