IMB / PBG rumah tinggal kabupaten bogor

Salam sukses, saat ini izinpbg.id ingin sharing tentang pengurusan IMB/PBG rumah tinggal di daerah kabupaten bogor, kebetulan kami mendapatkan client untuk mengawal perizinan rumah tinggalnya di daerah kabupaten bogor.

PBG kabupaten bogor

Bagaimana cara mengurus perizinan rumah tinggal di kabupaten bogor | Syarat, Waktu, dan biaya.

1. Datangi PTSP Kabupaten bogor

Kalian harus mendatangi PTSP kabupaten bogor untuk mengetahui detail persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk perizinan PBG kalian. lokasinya ada di Jl. Tegar Beriman No.40, Tengah, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor. ambil antrian dan datang keloket pengurusan PBG/IMB. Tanya dengan detail syarat apa saja yang dibutuhkan untuk proses perizinan anda. dan jenis permohonan apa yang harus kalian ajukan.


PTSP Kab.bogor

2. Lengkapi syarat perizinan PBG

Kalian harus menyiapkan persyaratan yang diminta untuk pengurusan PBG , lalu Apa saja syarat PBG bangunan rumah tinggal di kabupaten bogor.

A. Data administrasi permohonan PBG kabupaten bogor.

  • Scan / Copy KTP pemohon.
  • Data kepemilikan (SHM, AJB, SHGB, DLL).
  • Bukti bayar PBB terakhir.
  • Surat perjanjian sewa lahan (bila lahan sewa).
  • Foto lahan yang akan dibangun.
  • KRK (Keterangan rencana kota).
  • Izin lokasi dan site plan (Bila berada di perumahan, minta ke devloper /pengembang)

B. Data teknis permohonan PBG kabupaten bogor.

  • Test sondir ( untuk bangunan diatas 2 lantai).
  • Gambar Rencana Arsitektur, Struktur, dan MEP.
  • Rencana Angaran Biaya (RAB).
  • Time schedule pembangunan.
  • Perhitungan analisa konstruksi (untuk bsngunan diatas 2 lt).
  • IMB lama ( bila bangunan renovasi).
  • Data perencana konstruksi (SKA tenaga ahli).

Bila anda kesulitan untuk melengkapi data-data administrasi maupun teknis, sihlakan konsultasi ke kami. di izinpbg.id sebagai konsultan konstruksi di bidang perizinan kami akan membantu anda dalam melengkapi data persyaratan yang dibutuhkan, terutama dalam hal syarat teknis perizinan. untuk konsultasi , - KLIK DISINI -

3. Daftar Online Ke simbg PUPR

Setelah semua persyaratan lengkap anda bisa daftar online ke simbg.pu.go.id , untuk mengupload permohonan perizinan PBG anda, karna saat ini pengajuan permohonan PBG sudah lewat online di portal PUPR. namun untuk proses tetap di dinas teknis wilayah kota/kabupaten setempat.

4. Konsultasi ke dinas teknis permukiman kabupaten bogor


pengurusan pbg kabupaten bogor

Setelah kalian mengupload semua data secara online, anda akan mendapatkan No Resi permohonan PBG. dan selanjutnya anda akan diminta ke dinas teknis dan tata ruang kabupaten bogor untuk menjelaskan terkait teknis permohonan yang diajukan, yang nantinya akan dinilai saat sidang teknis PBG oleh TPA/TPT (Tim penilai teknis) apakah bangunan anda sudah memenuhi syarat ataukah belum.

Dalam konsultasi teknis sebaiknya anda melibatkan Tenaga Ahli atau Arsitek yang anda pakai sebelumnya untuk membuat gambar/ rencana teknis, di karnakan sidang / konsultasi ini akan memerlukan keilmuan dalam bidang pembangunan. dan biasanya bila belum memenuhi syarat akan ada revisi gambar rencana bangunan tersebut.

Di izinpbg.id kami bisa membantu anda dalam hal mengkomunikasikan teknis bangunan ke dinas teknis, oleh tenaga ahli arsitek profesional bersertifikat, yang dijamin akan lebih melancarkan proses perizinan bangunan anda.

5. Penerbitan SKRD / Pembayaran redrebusi pajak daerah

Setelah konsultasi teknis selesai, maka akan dibuatkan berita acara bahwa bangunan anda telah memenuhi syarat perizinan bangunan, dan selanjutnya dilimpahkan ke PTSP dinas kabupaten bogor kembali untuk dilakukan pembayaran redrebusi. dan setelah itu izin PBG anda akan TERBIT.

Berapa lama waktu penerbitan IMB/PBG di kabupaten bogor?

untuk lama waktu pengurusan PBG di kabupaten bogor tertulis 28 hari kerja dari dok lengkap, namun realitanya bisa 3 s/d 4 bulan kerja. tergantung dari antrian persyaratan yang ada, dan kelengkapan dokumen yang betul-betul lengkap.

Berapa biaya pengurusan IMB/PBG di kabupaten bogor?

Biaya yang dihabiskan untuk pajak retrebusi daerah jenis bangunan rumah tinggal adalah sekita Rp. 20.000 - 25.000 per m2, tetapi biaya bisa berubah tergantung dari hitungan rumus retrebusi PBG di wilayah masing-masing dan jenis bangunan yang dimohonkan.

Selain biaya retrebusi tenutu anda juga harus menghitung biaya lainya seperti biaya transport, biaya gambar, jasa konsultan arsitek, dan biaya kelengkapn lainya untuk pengurusan PBG. bila anda tidak ingin pusing dengan biaya anda bisa menghubungi kami izinpbg.id yang bisa memberikan biaya pegurusan izin PBG dengan lebih terjangkau. -KLIK DISINI-
Sekian ulasan tentang pengurusan IMB/PBG rumah tinggal di kabupaten bogor, semoga anda cepat-cepat menguru PBG anda sebelum membangun rumah demi legalitas dan keamanan property anda. Bila anda membutuhkan bantuan dalam mengurus IMB/ PBG di kabupaten bogor, sihlakan hubungi kami izinpbg.id . atau anda juga bisa berkonsultasi dahulu terkait perizinan anda | KLIK DISINI.

advertise PBG

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga