Tips proses membangun rumah yang benar

Bagaimana cara membangun rumah dengan baik dan benar?

Membangun rumah merupakan investasi besar yang membutuhkan perencanaan matang, termasuk dalam hal keuangan. Menghitung biaya bangun rumah secara akurat adalah langkah penting untuk memastikan proyek berjalan lancar tanpa mengalami kendala keuangan di tengah jalan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghitung biaya bangun rumah pada tahun 2024.

sumber foto : Pinteres

1. Buat Rencana Desain yang Jelas

Sebelum mulai menghitung biaya, buatlah rencana desain yang jelas dan terperinci. Desain yang baik akan membantu Anda memperkirakan jumlah material yang diperlukan dengan lebih akurat, serta memahami jenis tenaga kerja yang diperlukan untuk setiap tahap konstruksi.

Jangan ragu memakai jasa arsitek untuk merencanakan rumah anda, karna dengan memakai arsitek rumah anda bisa akan lebih terkonsep seperti bangunan yang anda inginkan, serta arsitek juga dapat memperhitungkan biaya yang anda keluarkan agar buged bisa lebih terencana dan terukur, 

Jika anda memakai jasa arsitek memang terlihat mahal di awal namun sebenarnya anda akan mendapatkan manfaat yang lebih untuk proses pembangunan anda, contohnya ketikan anda tidak memakai jasa arsitek banyak kesalahan bangunan yang membuat anda harus bongkar pasang saat konstruksi yang mengakibatkan harga akan jauh lebih membengkak. dan bila anda memakai jasa arsitek tinggal hapus dikertas, mudahkan.

Carilah arsitek berpengalaman bersertifikat yang sudah terbukti profesionalitasinya, seperti kami di izinpbg.id. yang bisa membuat proses pembangunan akan jauh lebih mudah.

Baca juga : Donwnload 100 contoh denah rumah

2. Tentukan jadwal pekerjaan 

Anda harus menentukan jadwal pembangunan, misalnya di awal tahun, atau habis lebaran, dikarnakan misal di akhir tahun tukang akan susah dicari, dan akan masuk musim penghujan, serta saat lebaran tukang akan pulang kampung yang akan menghambat pekerjaan proyek anda. pikirkan dengan matang kapan anda harus memulai.

3.Pelajari tahapan pembangunan rumah

Ini penting bila anda membangun sendiri rumah anda tidak mengunakan jasa kontraktor, anda harus tau tahapan membangun rumah mulai dari pekerjaan pondasi sampai pekerjaan finising, fungsinya agar metode pekerjaan menjadi benar, misal anda menentukan pasang plafond dulu sebelum keramik agar keramik anda tidak lecet.

4. Tentukan jenis matrial

Perlu di ingat "ADA MUTU ADA BIAYA" konsep ini sangat tepat, anda harus menentukan pilih mutu yang baik atau biaya yang rendah, hal ini akan menentukan sampai ke pemilihan matrial, misal anda memilih bata merah ketimbang batako, berarti anda lebih memilih mutu bagus ketimbang harga.

5. Pilih kontraktor atau tukang terpercaya


Hati-hati memilih kontraktor terlebih tukang, banyak kasus-kasus kontraktor dan tukang nakal, yang kabur saat proses pembangunan, saran dari kami pilihlah kontraktor / tukang yang kenal dahulu. atau setidaknya buatlah kontrak kerja yang jelas agar kalian bisa antisipasi ketika ada itikat kecurangan. tapi ingat membangun membutuhkan proses, ketika ada yang menawarkan harga terlalu murah, jangan lantas senang anda patut waspada dan antisipasi.

6. Proses perizinan bangunan

Perizinan bangunan jangan lupa dihitung yah dalam biaya proyek kalian, Izin bangunan sekarang disebut PBG (Perizinan bangunan gedung) yang dahulu bernama IMB, sebaiknya diawal kita memulai dulu proses perizinan membangun agar proyek kita tidak distop dalam prosesnya, dengan anda melakukan izin bangunan juga banyak manfaatnya diantaranya meningkatkan nilai jual, memudahkan proses keredit pembangunan, dan mengamankan property anda dari pengusuran.

Bila anda tidak tau prosesnya dan susah dalam mengurusn perizinan bangunan, serta tidak punya waktu, anda bisa menghubungi kami izinpbg.id , Sihlakan konsultasi dengan kami, Geratis!!

Nah itu itu dia sedikit tips dari kami tentang bagaimana cara membangun rumah dengan baik, semoga artikel ini bermanfaat dan proyek bangunan anda bisa berjalan lancar, Amin..

Jangan lupa share artikel ini ke teman kalian jika bermanfaat. untuk menambah pahala ilmu dan wawasan, sekian dari saya Trimakasih.

Penulis : izinpbg.id

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga