Jasa Perencana Konstruksi | PBG dan SLF

 Apa itu Perencana Konstruksi IMB, PBG, dan SLF?

Dikutip dari situs kementrian PUPR, Perencana Konstruksi adalah perorangan atau badan hukum yang yang merencanakan konstruksi Bangunan Gedung. Perencana Konstruksi harus menggunakan SIMBG untuk melakukan proses Penyelenggaraan Bangunan Gedung. 

Jasa perencana PBG dan SLF
Sumber : izinpbg.id

Dalam pelaksanaan proses penyelenggaraan Bangunan Gedung dengan SIMBG, atau proses pengurusan IMB/PBG Perencana Konstruksi bertanggung jawab untuk membantu Pemohon dalam mengisikan data teknis rencana pembangunan Bangunan Gedung bila diperlukan oleh Pemohon. penyedia jasa perencana konstruksi biasanya dari arsitek berlisensi.

tugas dan peranan penyedia Jasa Perencana Konstruksi dalam mengurus PBG dan SLF.

Membangun adalah proses yang perlu melibatkan ahli perencana didalamnya seperti ahli arsitek, struktur, dan mekanikal plumbing. dari mulai membangun rumah tinggal, ruko, kantor, pabrik, gudang dan lain sebagainya,  ada banyak manfaat bila anda mengunakan jasa perencana konstruksi dalam proses membangun lalu apa tugas dari penyedia jasa konstruksi tersebut.

1.  Memberikan perencanaan banguann sesuai konsep.

Perencanaan yang matang adalah kunci sukses untuk mendirikan suatu bangunan, dalam perananya perencana konstruksi akan mengulik keinginan kalian dan maksut tujuan kalian dalam membangun lalu mengembangkanya dalam suatu idea dan gagasan sesuai dengan keinginan anda.

2. Memastikan bangunan sesuai dengan strandart perencanaan. 

Perlu diketahui bahwa membangun tidak boleh sebarangan, ada strandart-strandat bangunan yang harus dipenuhi baik dalam peraturan yang tertulis seperti SNI maupun dari sisi keilmuan. misalkan standart GSB bangunan, standart besaran ruang, standarat mutu struktur, dll. yang intinya demi menunjang kenyamanan dan keamanan kalian di dalam bangunan gedung.

3. Membuat Dok perencanaan konstruksi.

Syarat PBG
Sumber : Syarat dokumen teknis SIM-BG


Dalam mengurus PBG (Persetujuan bangunan gedung) tentu diperlukan dokumen-dokumen teknis untuk upload dalam permohonan dan menjadi bahan penilaian untuk mengecek apakah bangunan yang diajukan perizinanya sudah sesuai atau belum dengan peraturan yang berlaku. disini kamu perlu melibatkan jasa perencanaan konstruksi dalam membuat dokumen seperti 

  • Gambar perencanaan / Gambar DED ( Detail enginering design)
  • Gambar As buid drawing (bila bangunan sudah terbangun)
  • Rencana teknis mutu bangunan berupa RAB / RKS
  • Analisa struktur bangunan
  • Daftar simak bangunan (dalam mengurus SLF)

4. Sertifikasi perencana konstruksi bangunan.

Untuk melakukan izin PBG dan SLF kalian harus memakai penyedia jasa perencana konstruksi yang memiliki sertifikasi keahlian seperti SKA / SKK fungsinya untuk membuktikan bahwa penyedia jasa perencana konstruksi yang dipakai benar memenuhi kompetensi.

Syarat SLF
Sumber : Syarat Permohonan SIM-BG

5. Membuat laporan pemeriksaan bangunan.

Dalam hal pengurusan SLF pengawasan seorang penyedia jasa perencana konstruksi memiliki tugas membuat laporan pemeriksaan bangunan. apabila bangunan masih dalam proses pembangunan maka dibuatkan loporan perkembangan proyak, tes comissioning, sampai cheklis mutu bangunan, apabila bangunan sudah terbangun maka harus dibuatkan daftar simak cheklis bangunan.

6. Membantu penginputan data perencanaan konstruksi

Bila data-data bangunan sudah lengkap maka konsultan penyedia jasa konstruksi akan membantu menginput data-data terkait permohonan PBG dan SLF ke dinas wilayah setempat sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan, untuk lanjut melakukan proses permohonan PBG dan SLF.

7. Membantu mengkomunikasikan proyek dengan dinas teknis terkait.

Peranan Penyedia jasa perencana konstruksi disini juga adalah dalam hal mengkomunikasikan proyek secara teknis dengan dinas terkait, dimana biasanya dilakukan sidang PBG atau SLF yang melibatkan TPT/TPA dari dinas serta tenaga ahli dari penyedia jasa.


Berapa biaya jasa perencana konstruksi?

Tarif dari penyedia jasa perencana konstruksi dapat bermacam-macam tentu suai pengalaman, skala proyek, dan cakupan jasa yang diberikan. namun rench standart dari mulai 150.000-300.000 / m2 lantai bangunan. ini jga tergantung dari pengalaman dan terbang dari penyedia jasa konstruksi tersebut.

Dimana saya dapat mencari Jasa Perencana Konstruksi untuk IMB, PBG dan SLF.

Belum mempunyai perencana konstruksi untuk? Kami di izinpbg.id siap dalam mengawal proses perncanaan konstruksi bangunan anda. mulai dari penyiapan data teknis, penginputan data permohnan izin bangunan, sampai koordinasi ke dinas terkait untuk urusan perizinan anda.

Dengan tenaga ahli konstruksi profesional bersertifikasi, kami mampu mengawal proses perizinan bangunan anda, dari pembangunan rumah tinggal, ruko, kantor, rumah sewa, gudang, pabrik, dll

SEGERA HUBUNGI KAMI | WA. 0853-1337-6138 KONSULTASI GERATIS!! 

Penulis : izinpbg.id

advertise PBG

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga