Urus PBG rumah di Tangerang | Cepat dan mudah

Pengurusan PBG di Kabupaten Tangerang 

Kabupaten tangerang saat ini banyak tumbuh perumahan-perumahan baru mulai dari perumahan kecil dan besar seperti sumarecon, matland, lippo, dll dikarnakan memang di kabupaten tangerang sendiri sedang tumbuh infrastuktur dan perekonomianya membuat kota ini banyak di incar menjadi slah salu lokasi hunian.

Membangun rumah impian bukanlah tugas yang mudah. Selain merencanakan desain dan struktur bangunan, Anda juga harus memikirkan proses perizinan. Salah satu perizinan yang penting adalah Perizinan Bangunan Gedung (PBG). 

pbg kabupaten tangerang
sumber foto : Ptsp kab.tangerang

Disini saya akan membagikan tips sesuai dengan pengalaman izinpbg.id dalam Pengurusan izin PBG rumah tinggal di kabupaten tangerang. karna ada salah satu client izinpbg.id yang meminta bantuan untuk pengurusan izin PBG rumah tinggal. beliau ingin melakukan proses KPR (Keredit pinjaman) rumahnyanya, Namun terkendala salah syarat yaitu Perizinan bangunan gedung (PBG).

Bagaimana langkah cepat dan mudah untuk mengurus PBG di Kabupaten tangerang?

1. Hubungi arsitek perencana / Konsultan perizinan

Perlu diketahui meski saat ini pengurusan izin pbg sudah bisa online namun kamu juga harus tau bagaimana langkah permohonanya dan bagaimana cara melakukan permohonan yang benar agar perizinan pbg tidak dikembalikan terus oleh dinas setempat, butuh keilmuan dan pengalaman agar izin yang di mohonkan bisa terbit dengan cepat. 

Mulailah dahulu perencanaan yang matang dengan arsitek, tentu dengan aspek bangunan yang memenuhi syarat perizinan dan kaidah pembangunan yang sesuai regulasi. agar pada saat melakukan permohonan izin gambar perencanaan yang kalian ajukan tidak terlalu banyak revisi karna tidak memenuhi syarat. 

Kami di izinpbg.id menyediakan tenaga ahli arsitek bersertifikat yang siap mengawal proses pembangunan rumah mu dari tahap perencanaan sampai perizianan.yang pasti berpengalaman dan terpercaya.

Baca juga : Arsitek untuk Pengurusan izin PBG / IMB

2. Siapkan persyaratan administrasi PBG

Apabila kita sudah menyerahkan syarat administrasi PBG dengan Konsultan yang kita tunjuk, maka kitapun harus menyiapkan data administrasi yang baik sebagai syarat permohonan PBG. berikut syarat administarasi rumah tinggal.

  • Copy KTP Pemohon
  • Copy Sertifikat bangunan
  • KRK / IRK | izin lokasi (billa di perumahan) 
  • Site plan (bila ada di perumahan)
  • Gambar situasi ( untuk permohonan PBG renovasi)
  • Bukti bayar PBB 
  • Izin tetangga (Tetangga, RT,RW)

3. Submit Data Permohonan PBG.

Jika persyaratan sudah lengkap baik data teknis dan administrasi. segera lakukan penginputan data. bisa secara online di simbg.go.id. namun perlu kamu ketahui juga jagan sembarangan input misal untuk jenis permohonan, apakah membangun baru , memperluas, atau pbg kawasan. lalu data bangunan luas bangunan, tinggi bangunan, luas lantai, serta penginputan lampiran permohonanya juga mesti kamu perhatikan dengan benar.

Disinilah kamu perlunya untuk mengunakan jasa konsultan perizinan seperti kami izinpbg.id agar kamu tidak salah dalam menginput data yang berakhir pada izin pbg mu tak kunjung terbit.

Baca juga : Mengurus Izin PBG Sebelum Membangun Ruamah

4.  Komunikasi ke dinas teknis di kabupaten tangerang

Sehabis kamu submit maka PTSP akan mengarahkan permohonan mu ke dinas teknis / tata ruang wilayah setempat. untuk diperiksa apakan memenuhi regulasi atau tidak, Sudah tau 

lokasi dinas teknis perizinan bangunan gedung kabupaten tangerang?

Blok AN 33 Jl. M. Atik Soehardi Blok AN 33 No.24, Kadu Agung, Kec. Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten 15720.  atau bisa klik disini. https://g.co/kgs/WgsXWHz

kamu bisa komunikasi apakah persyaratan perizinan mu telah lengkap, dan apakan bangunan mu telah layak dan memenuhi standat / peraturan bangunan gedung. atau bisa tanya kapan sidang rekomendasi. dll. 

5. Cepat tanggap bila ada kekurangan data peizinan

Pada saat proses permohonan bila ada syarat atau data gambar perencanaan yang harus segera direvisi maka cepatlah selesaikan. disini juga pentingnya kamu memakai konsultan / arsitek, agar jika ada kendala revisi gambar bisa cepat kamu tangani dengan meminta merevisi kembali gambar perencanaan sesuai dengan peraturan yang berlaku. sehingga izin PBG mu tidak di tumpuk di berkas terakhir kembali.

6. Sabar dan berdoa

Perizinan PBG/IMB adalah izin yang berharga untuk melindungi properti mu manfaatnya pun banyak. pada prakteknya mendapatkanyapun tidak mudah. memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karna Perizinan bangunan seperti PBG buakanlah seperti membuat KTP, bisa dalam waktu singkat, prosesnya perlu tinjauan yang matang agar agar bangunan mu dapat di izinkan untuk membangun. Jadi kamu haru tetap sabar dan berdoa.

Baca juga : 7 Tips mempercepat pengurusan PBG / IMB

Bila anda tidak ingin ribet dan susah dalam mengurus izin PBG serahkan pada kami izinpbg.id, kami akan membantu anda dalam menyiapkan data-data yang dibutuhkan, Menyiapkan tenaga ahli banguna bersertifikat, Membantu proses penerbitan, ayo tunggu apalagi urus legalitas bangunan mu agar lebih aman dan bernilai tinggi. Trimakasih.

Penulis : Nisrina.A

advertise PBG

Slider Parnert

logo ptsp
logo simbg
logo simbg
logo iai
logo pbg
logo slf

Subscribe Text

Dapatkan Promo Sekarang Juga